SIKAP
DEMOKRATIS, TRANSPARAN, AKUNTABLE, DESENTRALISASI…!!!
Menurut Kotler pelayanan yang bermutu tinggi tidaklah melulu dilakukan karyawan lini depan namun juga seluruh jajaran manajer, dengan mengenali secara detail akar masalah pelayanan. Bill Marriott serta lainnya yang di dukunglah!MM Partahian Harahap SE Ak beranggapan bahwa struktur organisasi pelayanan yang berupa piramida, dimana direktur utama berada di puncak, pelayanan manajemen ditengah dan atau petugas lini depan berada dibawah melayani pelanggan sesungguhnya sudah ketinggalan zaman. Pelanggan yang seharusnya diatas langsung memperoleh pelayanan dari petugas lini depan yang didukung dan diperkuat segenap jajaran manajer menengah serta direktur mestinya berada dibawahnya. Prinsip tersebut pada hakikatnya adalah membalikkan pandangan sebelumnya (model dan atau paradigma lama) dimana para birokrat lebih suka untuk dilayani menjadi lebih suka melayani masyarakat, suatu paradigma baru yang lebih tepat dalam menyongsong era yang lebih lazim. Maka dalam paradigma baru kalau digambarkan berupa piramida terbalik dimana yang diatas adalah masyarakat / pelanggan yang dalam istilah ekonomi kita sebut dengan costumer good and service, sedangkan pemimpin berada pada puncak piramida bawah. Kita hidup pada zaman sekarang masih ngotot dengan paradigma lama tentu sahaja akan berhadapan dengan kehendak zaman, ngerti ora man khaaa...khaaa...khaaa...!!!
Tinggalkan komentar
Comments 0